Total Tayangan Halaman

Selasa, 15 Februari 2011

PENGGANTI TULANGAN POSITIP PADA PLAT BETON

(BONDEK ATAU SPANDEK)

Pada pembangunan gedung tingkat, atau pembangunan rumah tingkat, sering kali kita direpotkan dengan begesting dan steger (begesting adalah alas untuk menahan beton sewaktu melakukan pengecoran, steger adalah tiang penyangga begesting).


Selain biaya bahan untuk kedua pekerjaan lumayan besar, dan juga pengerjaannya membutuhkan waktu. Ditambah lagi akan terhentinya aktipitas pekerjaan yang dipasangi steger.
                                                            
Apabila tidak mau direpotkan oleh pekerjaan seperti tersebut diatas, ada beberapa bahan alternatip penggantin tulangan positip yaitu BONDEX atau SPANDEX, kedua jenis bahan tersebut sama hanya beda dari pabrik yang membuat.

BONDEK atau SPANDEK, adalah lembaran-lembaran panel yang terbuat dari pelat baja dengan ketebalan 0,75 mm sampai dengan 1 mm, dengan lebar 60 cm sedangkan panjang tergantung permintaan, tetapi dibatasi maksimum 12 meter.
Keuntungan dari penggunaan bahan tersebut adalah : tidak perlu memasang begesting karna Bondek maupun Spandek dapat berpungsi sebagai begesting, kebutuhan steger dapat berkurang hingga 60 % bila dipanding dengan penggunaan besi beton biasa.

Penggunaan Bondek maupun Spandek untuk rumah tinggal jarang yang menggunakan sehingga banyak masyarakat tidak mengetahui, dan tenaga pemasangan khusus, tetapi di agen tempat penjualan bahan tersebut menawarkan sekalian pemasangan, pemasangan bondek maupun spandek sebenarnya tidaklah sulit, juga peralatan yang digunakan sederhana yaitu bor yg digunakan untuk menyambung antara panel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar